Sponsor

Cara Upgrade OS Blackberry!

Postingan ini dibuat berdasarkan keinginan penulis untuk meng-install Blackberry Messenger 5 (BBM 5) yang saat ini sudah ada final releasenya (resmi) dari Research In Motion (RIM). BBM 5 running dengan OS(Operating System) minimal ver. 4.5.0.131!

Untuk mengecek versi OS blackberry anda cukup dengan:
- Masuk ke dalam menu Options dan pilih About, dan lihat detail versi OS BB anda...

Dengan bermodalkan gadget Blackberry Curve 8320 milik penulis yang memiliki OS ver. 4.5.0.124 dan berkeinginan tingkat tinggi menginstall BBM 5, :-)... maka penulis harus mengupgrade OS minimal. ver 4.5.0.131...

Langsung aja yahh, kbanyakan cincong malah jd curcol... haha..


Requirement (persyaratan) :

1. Blackberrynya bkn berryberry yg lainnya... yaiyalah masa gk ada bbnya... kumaha atuh...

2. PC or Notebook (dlm kasus ini penulis menggunakan OS Windows XP SP2).

3. Blackberry Desktop Manager terbaru. Saat ini penulis menggunakan DM (Desktop Manager ver 5).

4. OS blackberry terbaru yang sesuai dengan tipe blackberry anda. OS yang dimaksud dsini OS bb terbaru untuk di-install d PC atau notebook anda.

Note : Untuk mendownload OS blackberry terbaru...
cukup tanya sama paman google (googling) dengan keyword :
tipebb(spasi)OS(spasi)versiosbbterbaru

contoh : 8320 OS 4.5.0.162
OS 4.5.0.162 adalah OS blackberry yang dicari, jika tidak menemukan hasil yang dicari silahkan tambah 1 pada no.belakangnya misalnya 163. OS yang dicari harus sesuai atau compatible dengan tipe BB anda...

Anda juga dapat mendownload OS BB dan Blackberry Desktop Manager di server indonesia...
klik disini!


Klo semua requirement udah ada
, ikuti langkah2 berikut :

1. Install terlebih dahulu Blackberry Desktop Manager (DM) pada PC atau Notebook anda, jangan menghubungkan antara PC/notebook dengan BB anda selama proses installasi DM.

2. Install OS blackberry terbaru yg sudah di download pada PC/notebook anda... dalam hal ini penulis menginstall OS versi 4.5.0.162 untuk blackberry curve 8320...

3. Setelah selesai install DM beserta OSnya, hubungkan BB dengan PC/notebook anda... kemudian pilih automatic untuk install drivernya...

4. Jika tahap 3 sudah dilakukan, buka windows explorer (Win+e), pindah direktori ke tempat installasi DMnya ==>, defaultnya sihh C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader, pada folder/direktori Apploader cari file yang bernama Vendor.xml dan hapus file tersebut jangan sampai lupa. (Direktori ini tergantung pada saat anda menginstall DM, tahap 4 tidak berlaku apabila pada saat installasi DM anda merubah drive dan pathnya, semua tergantung pada Lokasi saat installasi DM).

5. Jalankan DM ver.5 dan backup seluruh data BB dengan memilih Backup and Restore. Pada DM versi 5 saat upgrade OS sudah dilengkapi automatic backup. Tapi lebih baik backup secara manual aj dengan memilih menu Backup. Setelah selesai pilih menu Application Loader lalu pilih Update Software dan klik menu Start. Pilih OS terbaru anda dan pada menu Device Options, ceklist aplikasi yang mau di-install dan jangan di ceklist apabila ingin menghapus aplikasi atau tidak ingin di-install pada bb anda. Klik tombol Next dan ikuti perintah selanjutnya sampai proses upgrading selesai.

















6. Setelah selesai proses upgrading, cek kembali versi OS BB anda seperti yang sudah dijelasakan diatas, apabila sesuai dengan OS yang baru diinstall, maka proses upgrading OS bb anda berhasil..

7. gud try and gud lakk... :D,,

Posting Komentar

2 Komentar

  1. nice info gan, kalo ugrade gitu contac bbm ny pada ilang ga ?

    BalasHapus
  2. @ayazyaz : sama2.. klo upgradenya pake desktop manager khan ada fitur auto backupnya, tp klo tkt ilang backup manual aj di desktop managernya, jd klo crash atau hang bisa direstore.

    BalasHapus