Sponsor

Introduction MS4W!

Teknologi GIS (Georaphic Information System) telah berkembang pesat. Saat ini telah dikenal istilah-istilah Desktop GIS, WebGIS, dan Database Spatial yang merupakan wujud perkembangan teknologi Sistem Informasi Geografis, untuk mengakomodir kebutuhan solusi atas berbagai permasalahan yang hanya dapat dijawab dengan tekhnologi GIS ini.

Saat ini ada beberapa teknologi yang dapat digunakan untuk membangun sistem WebGIS. Salah satu yang paling populer adalah MapServer, yang menggunakan konsep Open Source. Sedangkan untuk pilihan teknologi Database Spatial, PostgreSQL merupakan pilihan database Open Source yang paling populer, dengan dukungan ekstensi spatial yang bernama POSTGIS.

Akan tetapi pemahaman akan bagaimana mengembangkan WebGIS dengan Mapserver dan PostGIS belum banyak dipahami oleh para pengembang teknologi informasi. Hal ini turut dipengaruhi dengan minimnya jumlah tutorial yang dipublikasi di internet dengan bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, kali ini kami akan mencoba melakukan riset sedherhana tentang bagaimana mengembangkan aplikasi WebGIS dengan MapServer – PostGIS, yang hasilnya akan kami publikasikan di internet. Dengan harapan tutorial dan sample aplikasi WebGIS yang kami kembangkan akan dapat bermanfaat bagai rekan-rekan sesama pengembang teknologi informasi untuk dapat lebih mudah menguasai bagaimana membangun sistem WebGIS dengan MapServer – PostGIS. Sehingga dapat bermanfaat bagi kemajuan teknologi informasi di Indonesia.

MS4W (MapServer For Windows) adalah bundle instalasi MapServer untuk platform Windows. Dimana MapServer ( https://mapserver.gis.umn.edu ) merupakan aplikasi freeware dan Open Source untuk dapat menampilkan Sistem Informasi Geografis di web.

MS4W dilengkapi dengan berbagai modul tambahan (optional) yang mempermudah kita membangun dan mengadministrasi sistem WebGIS. Antara lain : MapLab, KaMap, Chameleon, dan lain-lain. MapLab digunakan untuk mempermudah kita membuat file konfigurasi MapServer ( *.map ) pada aplikasi WebGIS yang kita kembangkan. Sedang Chameleon adalah framework yang menyediakan berbagai class dan method yang mempermudah kita membangun interface aplikasi WebGIS yang kita kembangkan, seperti menambahkan fitur zoom, pan, dsb. Informasi mengenai MS4W, MapLab dan Chameleon dapat diperoleh di situs www.maptools.org

Saat ini, selain dapat mengakses MapServer sebagai program CGI, kita dapat mengakses MapServer sebagai modul MapScript, melalui berbagai bahasa pemrograman, seperti PHP, Perl, Python, Java dan lain sebagainya. Akses fungsi-fungsi MapServer melalui skrip akan lebih memudahkan pengembangan aplikasi WebGIS.

PostgreSQL adalah database Open Source yang cukup populer, karena ketangguhan dan kemampuannya dalam mengelola data. PostgreSQL mempunyai ekstensi PostGIS, yang menawarkan kemampuan untuk mengelola data spatial untuk aplikasi Sistem Informasi Geografis. Informasi mengenai PostgreSQL dapat diperoleh pada situs www.postgresql.org . Sedang informasi untuk PostGIS dapat diperoleh dari situs https://postgis.refraction.net .


Installasi MS4W

MS4W dapat di download di www.maptools.org . Di dalamnya sudah menyatu aplikasi Apache Web Server, PHP, Map Server dan berbagai library yang dibutuhkan untuk membangun sistem WebGIS. Ada dua buah versi yang MS4W yang dapat didownload, versi 1.x dan versi 2.x .Akan tetapi jika kita hendak menggunakan framework chameleon, lebih baik pilih MS4W versi 1.x (yang digunakan saat ini adalah versi 1.6) karena Chameleon belum mendukung secara sempurna PHP5 pada paket MS4W versi 2.x .

Setelah anda berhasil mendownload ms4w_1.6.zip, selanjutnya extract isinya kedalam root dari partisi harddisk ( misal C:/ atau D:/ ), sehingga seluruh isi paket MS4W terletak di C:/ms4w atau D:/ms4w. Kemudian eksekusi apache-install.bat untuk menginstal service Apache. Apabila service sudah berjalan, maka akan terlihat process httpd.exe pada jendela Task Manager Windows. Cek dengan membuka https://localhost atau https://127.0.0.1 pada web browser anda. Apabila muncul halaman depan MS4W, maka instalasi anda berhasil.




PHP MapScript

Untuk mengaktifkan modul PHP/Mapscript, kita harus melakukan sedikit perubahan pada konfigurasi php.ini yang terletak di D:\ms4w\Apache\cgi-bin\php.ini. hilangkan karakter ”;” pada ”;extension=php_mapscript_4.10.0.dll”. Kemudian restart Apache dengan mengeksekusi apache-restart.bat.

Untuk mengecek instalasi Mapscript, buat file msinfo.php pada folder D:\ms4w\Apache\htdocs yang berisi : ””, kemudian buka https://localhost/msinfo.php dengan web browser. Apabila muncul report versi dari mapserver, maka MapScript telah berjalan dengan baik.



MapLab dan Chameleon

Download paket MapLab dan Chameleon untuk MS4W pada website www.maptools.org. Kemudian letakkan isi dari chameleon_ms4w-2.4.1-20060906.zip dan maplab_ms4w-2.2.1.zip pada direktori http.d, apps, dan apache/htdocs pada director ms4w anda. Restart Apache, dan perhatikan apakah pada https://localhost telah terlihat link url MapLab 2.2.1 dan Chameleon 2.4. Jika benar, maka instalasi MapLab dan Chameleon pada MS4W telah berhasil. Supaya Maplab dapat berjalan dengan sempurna, dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) terinstal pada computer anda.

Posting Komentar

0 Komentar