Sponsor

Cara RMA Hard Disk Seagate

Berikut ini merupakan tutorial langkah demi langkah (step-by-step) untuk melakukan RMA (Return Material Authorization) Hard Disk Seagate, maksudnya RMA adalah mengembalikan Hardisk yang rusak Merk Seagate ke Pihak Seagate untuk diperbaiki dan diganti dengan hard disk pengganti, dengan syarat hard disk yg rusak masih dalam masa garansi.

Minggu yang lalu, pas gw nyalain komputer di BIOS POST message muncul tulisan "S.M.A.R.T Harddisk Check Failure, Press F1 to Continue". Awalnya gw pikir cuma error biasa / cuma scan disk, tapi ternyata setiap booting komputer selalu muncul message tersebut. Ternyata pas gw scan harddisk pake fitur CHKDSK-nya windows, harddisk Seagate 1 Tb gw ada BAD SECTOR-nya. Sempet gw panik, bukan karena data penting / data kuliah / data skripsi gw, tapi koleksi film gw yg udah merenggut 50% dari kapasitas harddisk gw :). Akhirnya gw googling dan ternyata Seagate menyediakan fasilitas RMA, harddisk gw kembali normal lagi dalam 1 minggu. 

How-To : 

  1. Catat Serial Number (S/N) dan Model Number Harddisk yang ingin dikembalikan. Ada dua cara untuk mengecek S/N dan Model Number harddisk Seagate :
    • Pertama, bisa dilihat langsung pada fisik harddisk.
      Serial Number dan Model Number Harddisk Seagate
      S/N dan Model Number Harddisk Seagate
    • Kedua, dengan menggunakan software SeaTools for Windows (Download dan install, scan hardisk menggunakan software ini, harddisk dalam kondisi terpasang di komputer / laptop).
      SeaTools
      Short Generic Test using SeaTools for Windows
  2. Cek status garansi harddisk yang rusak di https://support.seagate.com/customer/en-US/warranty_validation.jsp?form=0. Input Serial Number dan Model Number yang sudah dicatat sebelumnya, input kode captcha dan klik Submit.
  3. Jika harddisk masih dalam masa garansi ("In Warranty"), Klik Create Return untuk membuat RMA Order. Ceklist Return dan klik Continue.
  4. Input data-data Anda yang sudah disediakan pada form input Shipping Addres (masukan data dengan lengkap untuk memudahkan proses pengiriman kembali harddisk pengganti, cantumkan juga alamat email anda untuk memudahkan jika ada progress status Order RMA dikirimkan via email), ceklist I Accept Terms and Conditions, klik Review Order/Payment untuk melihat kembali data Order yang telah diinput.
  5. Pilih lokasi pengiriman harddisk yang rusak (Return Location), ada 2 lokasi : PT UPS SCS Indonesia yang terletak di Bandara Soekarno Hatta dan langsung ke Seagate Singapore. Pilih yang terdekat sesuai dengan domisili anda. less shipping cost :)
  6. Pada form berikutnya, Catat Order Number anda. Order Number digunakan untuk mengecek status dan progress Order anda. Klik Print Mailing Label untuk mencetak alamat return location dan order number anda yang nantinya ditempelkan di paket anda pada saat melakukan pengiriman harddisk yang rusak.
    Print Mailing Label
    Mailing Label (ditempel pada paket yg akan dikirim)
  7. Sebelum melakukan pengiriman harddisk yang rusak ke alamat return location, baca terlebih dahulu petunjuk packing seagate.pdf agar harddisk yang dikirim tidak ditolak oleh Seagate. Backup juga data pada harddisk jika masih memungkinkan, anda juga dapat request jasa backup data dari Seagate (dengan biaya tambahan). Kirim Paket harddisk yang rusak ke alamat Return Location bisa menggunakan jasa JNE/Tiki.
  8. Cek status Order RMA anda secara berkala di https://store.seagate.com. Input Order Number dan Nama Belakang anda, klik Find your Order.
    Return and Order Status
  9. Jika Order Status masih Open dan Received by Seagate No, berarti harddisk yang rusak belum diterima oleh Seagate. Order Status akan menjadi Closed jika harddisk sudah diterima dan dikirimkan kembali.
    RMA Order Detail
    Cek RMA Order Detail
  10. Seagate akan mengirimkan UPS Tracking Number ke email atau jika harddisk pengganti telah dikirim. Atau juga bisa dicek pada menu Shipment Details pada  RMA Order Detail.
    RMA Shipment Details
    Cek Tracking Number pada Shipment Detail
  11. Untuk tracking UPS dapat dicek di situs https://www.ups.com/tracking/tracking.html dengan cara input data Tracking Number yang telah diterima.
    UPS Track Shipment
    Tracking Shipment on UPS Tracking Website

Berikut kronologis kejadiannya (Proses RMA 1 Minggu) : 

Senin (18/02/2013)
- Gw cek garansi harddisk dan ternyata masih valid sampai Juli 2013, akhirnya gw daftarin harddisk / Order RMA di situs Seagate.

Selasa (19/02/2013)
- Gw paketin hardisk gw yg rusak dan gw kirim ke alamat Seagate return location yang di Bandara Soeta, PT UPS SCS Indo.

Jumat (22/02/2013)
- Gw terima email (Seagate RMS Receipt Acknowledment RMA) dari seagate yang isinya harddisk yang gw paketin udah nyampe di Seagate Singapore (Received by Seagate) dan Total Return Unrepaired Quantity (RUR) gw 0, klo RUR-nya lebih dari ( >) 0 maka RMA kita ditolak (rejected).
- Gw terima email lg dari Seagate klo harddisk pengganti udah dikirim melalui jasa UPS dan juga gw dapet Tracking Number UPS. Gw coba track ke UPS ternyata Tracking Numbernya Invalid.

Senin (25/02/2013)
- Akhirnya gw track lg di UPS ternyata order gw baru diproses hari ini dan harddisk masih di UPS Singapore.

Selasa (26/02/2013)
- Finally, Harddisk Seagate 1 Tb akhirnya sampe di rumah gw :)
New RMA harddisk from SeagateShip Paper RMA Seagate

Posting Komentar

1 Komentar

  1. wah itu cepet juga ya mas waktunya hardisk pengganti sampe dirumah

    BalasHapus