Sponsor

Make your MacBook "Speak Up"

Tutorial sederhana ini membahas tentang bagaimana membuat MacBook anda berbicara (Speak Up) atau menyapa anda dengan menggunakan AppleScript (gak cuma cewe doang sob yang bisa di-speakin :D). Dengan AppleScript mumungkinkan kita untuk membuat script-script sederhana (menggunakan bahasa inggris) untuk mempermudah pekerjaan atau task-task yang umum dilakukan.

Requirement : 
  • Macintosh OS (Mac OS) yang dilengkapi dengan AppleScript Editor (in this case I'm using MacBook Pro with Mac OS X Lion version 10.7.4)
How to :
  • Buka Launchpad cari dan buka folder Utilities, jalankan / klik pada icon AppleScript Editor.
    AppleScript Editor pada Launchpad
    Jendela AppleScript Editor
  • Pada jendela AppleScript Editor ketikkan sintaks / perintah berikut :
    tell application "Terminal"
         say "Assalamualaikum Aditya Nursyahbani, your MacBook ready to use!"
    end tell
    quit application "Terminal"
    Line 1 : Tag pembuka "tell" sekaligus memberitahukan kepada OS untuk membuka aplikasi Terminal / shell / commandprompt (klo di mikocok).
    Line 2 : Memerintahkan terminal untuk mengeksekusi perintah 'say' (perintah suara) dengan string Assalamualaikum Aditya Nursyahbani, your MacBook ready to use!
    Line 3 : Tag penutup "tell"
    Line 4 : Tutup atau keluar aplikasi Terminal yang telah dibuka
    AppleScript
  • Klik Compile pada toolbar jendela AppleScript Editor untuk meng-compile script yang telah dibuat untuk mengetahui apakah script sudah benar / tidak ada kesalahan dalam penulisan sintaks / kode.
    AppleScript Compiled
  • Jika sintaks sudah benar, klik Run untuk mendengarkan voice / suara yang telah anda perintahkan.
  • Untuk membuat script tersebut jalan pada saat start-up atau login komputer. Simpan script yang telah dibuat dengan cara klik menu File -> Save As -> Pilih File Format : Application dan pilih tempat penyimpanan pada folder Applications klik Save.
    Save AppleScript as Application
  • Buka Launchpad cari icon Welcome Voice, drag icon tersebut ke dock (untuk membuat shortcut pada dock). Klik kanan / control+klik pada icon Welcome Voice (icon yang di dock), pada Options pilih Open at Login.
    Welcome Voice icon on Dock

Posting Komentar

0 Komentar