Sponsor

Install Windows XP via USB Flashdisk

Postingan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis, banyak sekali teman saya yang mengeluh khususnya yang mempunyai Netbook yang seperti kita tahu tidak ada drive cd/dvd built-innya, mau beli dvd eksternal harganya juga lumayan mahal atau kita juga dapat menghemat biaya dengan membeli connector seperti SATA/ATA converter to USB sehingga DVD-RW atau DVD-ROM PC kita dapat dibaca pada Netbook, tentunya hal ini cukup merepotkan kita harus melepas DVD PC kita (seandainya kita cuma punya 1 DVD) sedangkan untuk melakukan installasi OS atau apapun mengharuskan kita boot dari CD/DVD.

Seiring dengan perkembangan teknologi, USB Flashdisk yang biasa kita gunakan dalam melakukan penyimpanan data, kini dapat digunakan/difungsikan untuk menginstall OS (dalam kasusu ini disimulasikan dengan installasi OS Windows XP) dengan cara membuat USB Flashdisk kita menjadi USB Bootable atau sama fungsinya seperti CD OS Windows XP. Berikut langkah dan persiapannya :

Persiapan :
  • Pastikan Netbook/PC yang akan diinstall mendukung boot dari USB FDD (flashdisk). Dapat di cek dari BIOS.
  • USB Flashdisk minimal size 1GB karena OS Windows XP skitar 600mb.
  • Netbook yang mau diinstall (ya jelaslah. haha)
  • 1 PC/Notebook yang mempunyai DVD-ROM/DVD-RW/DVD-MULTI/CD-ROM. Kalo ga punya bisa pinjem atau numpang tetangga :)
  • CD OS Windows XP (ori atau bajakan terserah lah :D).
  • Software : usb_prep8, PEtoUSB, bootsect.exe (untuk yang belum punya silahkan download)
Langkah-langkah :
  • Setelah semua persiapan terpenuhi, hal yang pertama kita lakukan pada PC/Notebook yang mempunyai CD/DVD ROM, masukkan CD OS Windows XPnya ke dalam CD/DVD0-ROM, kemudian ekstrak file usb_prep8.zip, PEtoUSB_3.0.0.7.zip misalkan pada drive C:\. Gabungkan semua isi file hasil ekstrak yang ada pada folder PEtoUSB_3.0.0.7 ke dalam folder hasil ekstrak usb_prep8 sehingga isi folder hasil ekstrak terdapat 2 file baru, PeToUSB.exe dan PeToUSB.ini seperti ini :
  • Kemudian ekstrak juga bootsect.zip misal ke drive C:\. Terdapat 2 file pada folder bootsect hasil ekstrak, bootmgr dan BootSect.exe.
  • Masukkan Flashdisk ke PC/Notebook dan pada windows explorer lihat dan ingat posisi drive Flashdisknya (E:\, F:\, G:\ dst). Pada contoh ini Flashdisk saya terdeteksi PC dengan drive H:\
  • Jalankan Program usb_prep8.cmd yang terdapat pada drive C:\usb_prep8 dengan cara double click usb_prep8.cmd atau klik kanan file usb_prep8.cmd pilih run as administrator(bagi yang menggunakan OS Win Vista atau Seven). Maka akan muncul tampilan command prompt sbb :
  • Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan dan akan muncul jendela PeToUSB. Jangan diclose jendela usb_prep8.cmdnya biarkan tetap terbuka (jangan diapa-apain).
  • Pada jendela PeToUSB destination drivenya pilih USB Removeable, pada dropdownya pilih drive atau posisi flashdisknya (contoh ini drive Flashdisk saya terletak pada drive H:\), pada format options ceklist hanya enable disk format, quick format dan enable LBA (FAT16x) sedangkan pada field drive label isinya terserah dan tanpa spasi (label/nama untuk flashdisk), disini saya beri nama win_xp_sp3. Setelah itu klik start. Akan ada peringatan/konfirmasi continue? pilih yes. Pilih yes lagi untuk melakukan format dan mempartisi ulang flashdisk. Tunggu sampai proses format flashdisk selesai dan akan muncul pesan Operation Completed Successfully! klik ok. Biarkan jendela PEtoUSB, jangan lakukan apapun apalagi di close.
  • Buka Windows Command Prompt yang baru dengan cara Klik Start/logo windows->All programs->Accessories->Command Prompt atau dengan shortcut win+r pada keyboard (run) dan ketik cmd lalu enter. Pindahkan directory ke tempat file bootsect.exe berada. Pada contoh ini bootsect.exe terletak pada drive c:\bootsect. Ketik cd\ lalu enter untuk pindah ke drive c:\, ketik cd boot* lalu enter untuk pindah directory ke c:\bootsect. ketik bootsect.exe /nt52 H: lalu enter dimana H: merupakan lokasi flashdisk yang terdeteksi di komputer, sesuaikan dengan drive pada masing2 komputer. Tunggu sampai proses selesai setelah itu close jendela command prompt dan klik close pada jendela PeToUSB.
  • Maka jendela yang tersisa adalah jendela command prompt yang usb_prep8.cmd. Setelah 2 jendela sebelumnya diclose, maka tampilan jendela usb_prep8.cmd akan berubah sbb (jangan tekan tombol apapun) :
  • Tekan 1 lalu enter. Masukkan lokasi/source dimana windows xp berada. (bisa menggunakan CD secara langsung dibrowse ke lokasi CD/DVD-ROM atau untuk lebih amannya semua isi CD dicopy ke hardisk terlebih dahulu nanti tinggal dibrowse lokasinya ke hardisk). Pada contoh ini saya menggunakan/sourcenya dari CD langsung dan dibrowse ke drive G:\ (lokasi DVD-ROM komputer saya).
  • Tekan 2 lalu enter. Masukan drive yang belum terpakai oleh komputer, untuk membuat virtual temporary drive defaultnya T (drive T), ketik T lalu enter.
  • Tekan 3 lalu enter. Input drive/lokasi flashdisk (sesuaikan dengan drive flashdisk di komputer anda), disini saya ketikkan H lalu enter.
  • Tekan 4 lalu enter, untuk membuat tempimage dan mengcopy file OS ke flashdisk.
  • Akan ada peringatan untuk memformat flashdisk dan membuat cache instalasi windows ketik y lalu enter. Setelah selesai format tekan enter untuk melanjutkan. Akan ada peringatan lagi untuk mengcopy file dari CD ke tempdrive yang baru dibuat, proses ini memakan waktu sekitar 3-5 menit. Setelah selesai tekan enter untuk melanjutkan. Sekarang ada peringatan untuk mengcopy file dari tempdrive ke usb dan memakan waktu sekitar 15 menit (tergantung kecepatan baca flashdisk) klik yes untuk melanjutkan. Setelah proses ini selesai akan ada pernyataan untuk menjadikan drive U: untuk booting, klik yes. Setelah selesai akan ada pernyataan terakhir dan klik yes untuk unmount virtual drive.
  • Masukkan Flashdisk yang telah terinstall bootnya ke Netbook yang ingin dinstall, nyalakan dan masuk ke BIOS, ubah boot ordernya USB-HDD menjadi 1st boot. Save changes BIOS.
  • Pada saat starup screen pilih 1st, text mode setup lalu tekan enter. Install seperti biasa akan masuk ke menu partisi hardisk. remove drive c: yang lama dan buat partisi c: yang baru dan format NTFS(quick). Setelah selesai pada startup screen berikutnya pilih 2nd, GUI mode setup, continue setup+1st start of Windows lalu enter. Proses installasi sama seperti biasa install windows dengan CD dengan interface. Jangan cabut USB Flashdisk sampai proses instalasi selesai dan masuk ke menu windows. Safety Remove flashdisk ketika proses selesai.

Troubleshooting :
  • Setelah proses installasi 1st, text mode setup berhasil dan ketika masuk ke startup menu 2nd, GUI mode setup muncul error sbb : 
    "Windows\System32\Hal.dll missing or corrupt:
    Please re-install a copy of the above file."  
    hal ini terjadi akibat jumlah partisi hardisk lebih dari 1 karena secara default konfigurasi boot.ini hanya membaca 1 partisi hardisk sehingga path(alamat)  file hal.dll yang dialokasikan pada partisi ke satu itu miss atau salah alamat.
  • Jangan berputus asa, shutdown komputer, cabut flashdisk dan pindahkan ke PC lainnya, Explore isi flashdisk dan cari file boot.ini. Buka dan edit file boot.ini (wordpad atau editor lainnya), cari script dibawah ini : 
     "multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(1)"
      ganti angka 1 yang tercetak merah dengan angka 2 sehingga menjadi
     "multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(2)"
  • rdisk(x) menunjukkan lokasi hardisk dimana x adalah no.urutan hardisk. Hardisk no.urutan 0 merupakan hardisk  pertama, hardisk no.urutan 1 merupakan hardisk kedua, dst. Perhitungannya sama seperti array yang dimulai dari angka 0 untuk data yang pertama.
  • partition(y) menunjukan lokasi partisi hardisk dimana y merupakan no.urutan partisinya. Berbeda dengan rdisk, perhitungan urutan pada y dimulai dari angka 1. Jadi urutan partisi pertama = 1, kedua =2, dst. 
  • Setelah diubah file boot.ini, save dan masukkan kembali ke netbook dan booting lagi dengan flashdisk dan pilih 2nd, GUI mode setup kembali. Jika masih error juga coba ubah kembali urutan partisinya pada boot.ini (3,4,5,dst tergantung jumlah partisi hardisk).

Posting Komentar

0 Komentar